Selasa, 12 April 2016

Perancangan Produk

Geometri produk, berat dan spesifikasi material plastik sangat berpengaruh terhadap penentuan shrinkage, sistem gate, parting line, pemilihan material cetakan dan sistem pengeluaran produk / sistem ejektor.

Ketebalan dinding merata
Material akan menyusut kesegala arah terutama ke area yang tebal pada saat proses solidifikasi. Proses solidifikasi yang tidak merata akan menimbulkan defect, antara lain :
Lekukan (sink), lentingan (warpage), berpori (voids) atau cacat lainnya yang tampak dan mengganggu secara visual. Oleh karena itu tebal dinding produk perlu dibuat relatif merata.

Untuk mencegah timbulnya lekukan (sink mark) pada produk ,pada daerah tersebut dapat dibuat alur memanjang, sehingga pada area pertemuan dinding tersebut dapat terbentuk ketebalan yang merata.

Menghindari area yang bersudut tajam
Potensi masalah yang dapat ditimbulkan karena bagian yang bersudut tajam yaitu tegangan yang terkonsentrasi dan aliran plastik terhambat.
Contoh desain :

Draft Angle
Draft angle adalah sudut kebebasan yang dibentuk pada dies yang bertujuan untuk mengeluarkan produk dan dapat menghindarkan cacat produk akibat gesekaan permukaan pada saat mengeluarkan produk.

Penguat Dinding (reinforcement)
Penguat dinding berfungsi untuk meningkatkan kekakuan dinding pada produk yang memiliki permukaan lebar atau pada produk berdinding tipis.
Berikut contoh penguat dinding :
Parting Line
Parting line merupakan batas pemisah antara Core dan Cavity.
Pertimbangan dalam penentua parting line :
  • Harus memudahkan pengeluaran produk dari Cavity
  • Memudahkan pengerjaan
  • Harus setangkup dan tanpa kebocoran

Layout Cavity
Pengaturan layout cavity sangat berpengaruh terhadap kesetimbangan aliran, kesetimbangan pengisian dan kesetimbangan cetakan itu sendiri. Dampak ketidak setimbangan akan berpengaruh terhadap keseragaman pengisian, kepadatan produk dan implikasinya terhadap berat dan shrinkage produk.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar