Rabu, 20 April 2016

Sistem Ejeksi

Sistem ejeksi adalah teknik pengeluaran / pelepasan produk plastik dari cetakan intinya dengan cara disentak. Penyentakan dilakukan dengan menkanisme ejeksi yang bersumber dari mesin injeksi, atau dengan cara memanfaatkan geak bukaan cetakan pada saat pengeluaran produk.
Dilihat dari cara kerjanya, sistem ejeksi dapat dibedakan menurut bukaan / gerakannya, sistem ejeksi dibedakan dalam dua kelompok :
  1.  Ejeksi gerakan tunggal (single action)
  2.  Ejeksi gerakan ganda (doucle action)
Sedangkan dari jumlah tendangannya dibedakan menurut :
  1.  Tendangan tunggal (single stroke)
  2.  Tendangan ganda (double stroke)
Ejeksi Gerakan Tunggal
Gerakan tunggal adalah gerakan pelepasan / pengeluaran produk yang dilakukan dalam satu kali tendangan oleh mekanisme ejeksi dari mesin injeksi. Dilihat dari bentuknya, mekanisme ejeksi dapat di bedakan dalam beberapa jenis :
  1. Pin ejektor
  2. Sleeve ejektor
  3. Pelat ejektor
  4. Ring pelat ejektor
  5. Ejektor udara
Pin Ejektor
Pin ejektor adalah jenis mekanisme ejeksi yang banyak dipakai dalam cetak injeksi plastik. Selain bentuknya yang sederhana, pemasangan dan penempatannya mudah dan fleksibel untuk berbagai variasi bentuk produk, serta memungkinkan untuk menendang bagian produk berbentuk sirip yang sulit dikeluarkan dengan mekanisme lainnya.
Dari bentuk penampang ejektornya, jenis pin ejektor dibedakan dalam 3 kelompok :
  • Silinder pin ejektor
  • Disk ejektor
  • Ejektor pipih
Pada umumnya ketiga jenis ejektor ini berbeda pada ujung ejeksinya saja, sedangkan pada pangkalnya memiliki bentuk silinder yang sama untuk memudahkan pembuatan dan pemasangan.

Ejektor Sleeve
Ejektor sleeve adalah mekanisme ejeksi yang berbentuk selubung, dan umumnya dipergunakan untuk pengeluaran / pelepasan produk berbentuk tabung dari inti cetak yang membentuk rongga cukup tinggi, atau inti yang membentuk lubang diameter pada produk yang cukup tinggi.

Ejektor Pelat
Ejektor pelat pada umumnya dipergunakan untuk pelepasan produk berbentuk tutup (cap) yang berdinding cukup tipis, produk memiliki bentuk undercut, produk tutup berulir, produk datar, produk dengan inti banyak atau pelepasan produk dari inti cetak pada jenis external split mold.



Ejektor Ring
Ejektor jenis ini merupakan penyerdehanaan dari ejektor pelat. Pembuatannya dimaksudkan untuk lebih menyederhanakan proses pengerjaan dan penghematan material aktifnya.



Ejektor Udara
Ejektor udara dimaksudkan untuk membentu pengeluaran produk dari inti cetak, yang memerlukan langkah pengeluaran cukup tinggi dan tidak memungkinkan dilakukan dengan mekanisme ejektor lainnya. Cara kerjanya dilakukan dengan memberikan tiupan udara bertekanan melalui nozzle / lubang udara yang terpasang pada inti cetak, setelah pelepasan awal yang dilakukan dengan salah satu mekanisme ejeksi lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar