Senin, 18 April 2016

Perencanaan Pendinginan

Tujuan dan Fungsi Pendinginan
Pendinginan pada cetakan dimaksudkan untuk 2 hal utama :
  • Menurunkan temperatur plastik dalam rongga cetak / mendinginkan produk
  • Menjaga temperatur cetakan / temperatur kaviti dan inti pada kondisi kerja yang tepat
Pengaturan pendinginan yang baik dapat berpengaruh terhadap kualitas produk meliputi :
  • Kehalusan permukaan
  • Mencegah distorsi produk yang dapat menimbulkan lentingan (warpage)
  • Keseragaman struktur plastik
  • Penurunan dimensi / memperkecil shrinkage
  • Menurunkan stress bahan
Pendinginan pada mould dapat dilakukan dengan media pendinginan udara (air cooling) atau fluida (water cooling). Pemanfaatannya tergantung dari efektivitas pendinginan yang perlu dicapai sehingga produk cepat berada pada batas temperatur sentak yang diijinkan sesuai bahan plastik, fasilitas yang tersedia dan konstruksi pendinginan yang mendukung.
Konstruksi pendinginan dengan media fluida merupakan bagian yang kompleks dalam perancangan mould.
Selain jenis konstruksi saluran pendingin yang direncanakan, juga harus memperhatikan daerah lintasan yang akan dilalui pendingin dan area penyerapan panasnya. Sehingga dalam merencanakan saluran pendingin harus memperhatikan beberapa aspek berikut :
  • Saluran pendingin tidak boleh bocor
  • Jarak antar saluran yang berdekatan harus lebih besar dari ukuran selang air
  • Menghindari adanya aliran air yang terjebak dalam saluran atau tubrukan aliran
  • Pendingin harus merata pada tiap kaviti / inti cetak 
  • Perbedaan temperatur cairan masuk dan keluar dijaga agar tidak lebih dari 6 derajat Celcius
  • Arah pendinginan mulai dari kaviti menuju sprue 
    Sistem Pendinginan

    Untuk mendapatkan sistem aliran dan pendinginan yang efektif, maka lay out dan konstruksi saluran pendingin perlu disesuaikan dengan area produk dan bentuk produk yang akan didinginkan. Ada beberapa konstruksi saluran yang dapat dibuat untuk menghasilkan aliran dan sistem pendinginan efektif diantaranya :
  1. Sistem Cooling untuk produk datar
    Untuk mendinginkan produk yang memiliki permukaan datar dan berukuran cukup besar dapat dibuat sistem saluran spiral dengan bentuk aliran diameter, aliran segi empat atau aliran persegi sepusat dengan aliran masuk dan keluar dari dua sisi.





    Air masuk dari bagian tengah spiral dan mengalir kebagian sisi luar, sehingga pendinginan dimulai dari bagian dalam kearah luar, dengan demikian ujung aliran plastik tetap panas dan tidak akan menghambat aliran.
    Aliran air juga dapat dibentuk dengan aliran searah yang membentuk aliran persegi dan pengaturan aliran dibuat terpisah pada dua sisi.
  2. Cooling pada Core (Inti cetak)
    Konstruksi saluran pendingin pada core / inti cetak untuk produk berbentuk tabung dapat dibuat dengan konstruksi bubler, bufels atau insert spiral.



    Konstruksi ini cukup sederhana dan dibuat dengan memasang pipa kecil ditengah lubang sebagai tempat laluan masuk dan keluarnya air pada core. Air masuk pada bagian tengah pipa dan keluar dari sisi luar pipa.
    Cara lain adalah dengan menggunakan insert berupa ulir spiral.


  3. Jarak saluran pendingin
    Untuk menghasilkan pendinginan yang efektif dan merata, maka jarak saluran pendingin perlu diperhatikan. Jarak minimal antar saluran pendingin harus lebih besar dari dimensi diameter selang air, sedangkan jarak saluran terhadap permukaan kaviti disesuaikan dengan tebal dinding produk.

1 komentar:

  1. Harrah's Lake Tahoe - Mapyro
    Harrah's Lake Tahoe. Address: 15 Highway 고양 출장마사지 50, 공주 출장안마 Stateline, 의왕 출장마사지 NV 동해 출장안마 89449. Phone: (702) 770-6655. Website: http://www.harrahscotts.com. Address: 15 남원 출장마사지 Highway 50, Stateline, NV 89449.

    BalasHapus