Jumat, 15 April 2016

Perencanaan Runner

Perencanaan Saluran Utama (Runner)
Runner adalah saluran penghubung aliran cairan plastik dari sarung suntikan (sprue) pada rongga melalui gate. Sebagai saluran penghubung yang akan membawa material, maka penentuan bentuk dan dimensinya dipertimbangkan dengan tujuan untuk memudahkan pembuatan, meminimalisasi kehilangan panas (heat loss), mengurangi berat / volume runner yang terbuang dan menghindari penurunan tekanan (drop pressure) yang terlalu besar. Disamping dimensi penampang runner, maka untuk mencegah kehilangan panas dan penurunan tekanan, makan panjang runner dibuat sependek mungkin. Dari hasil percobaan yang telah dilakukan para peneliti, secara empiris dimensi runner ditentukan dengan memperhitungkan tebal dinding dan mengambil bentuk dasar diameter :
D = Smax + 1.5 (mm)
D             = Diameter runner (mm)
Smax      = Ketebalan maksimal dinding produk (mm)


Pemilihan Bentuk dan Ukuran Runner
Runner dapat dibuat dalam beberapa macam bentuk dan ukuran, baik mengikuti bentuk yang ada dan telah distandarkan, maupun menurut perhitungan.
Setiap bentuk dan ukuran runner akan menentukan/berpengaruh terhadap jumlah material yang mengalir dan penurunan tekanan (pressure drop) yang timbul akibat terjadinya lapisan kontak yang mengering pada bagian luar sekeliling dinding runner. Jumlah material efektif yang mengalir dalam runner sebanding dengan ratio antara besarnya penampang potong runner terhadap keliling kontak pada penampang tersebut.
Pressure Drop dalam sistem runner dapat dihitung :

Perhitungan ukuran didasarkan pada luas yang sama dari bentuk runner diameter.
  1. Bentuk runner diameter
  2. Bentuk runner setengah diameter
  3. Bentuk runner persegi
Kapasitas alir pada runner
Pada dasarnya jumlah material yang mengalir melewati runner dapat dihitung dari persamaan :


Penampang runner pada saat pembentukan
Umumnya permukaan runner tidak dipoles untuk mencegah lapisan kontak yang mengering tidak masuk dalam cetakan, tetapi untuk bahan plastik tertentu perlu dipoles atau bahkan diverchrom misalnya untuk PVC, PC, POM atau lebih dikenal dengan Poly acetal



Tidak ada komentar:

Posting Komentar